Polres Garut Launching Desa Jati Menjadi Kampung Tangguh Bebas Narkoba

  


Garut – Polres Garut khususnya Satuan Reserse Narkoba Polres Garut menetapkan atau launching Kampung Bebas Narkoba pada hari Selasa tanggal 05 September 2023.


Kampung bebas narkoba ini dibentuk sebagai bentuk komitmen Polres Garut dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba dan sebagai upaya untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa di Kabupaten Garut.


Bertempat di Kantor Desa Jati Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut kegiatan Launching Kampung tangguh bebas narkoba dilaksanakan. Kampung Jati Desa Jati Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut  terpilih sebagai salah satu contoh atau pelopor kampung bebas narkoba di Kabupaten Garut.


Terpilihnya Kampung Jati sebagai kampung bebas narkoba berdasarkan tingkat kerawanan narkoba, masukan masyarakat, tokoh masyarakat dan analis. Dasar terpilihnya kampung bebas narkoba ialah daerah/kampung yang memiliki kemampuan kemandirian dan sinergitas dengan instansi dalam pelaksanaan P4GN .


P4GN adalah singkatan dari pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, yang merupakan sebuah upaya yang terus menerus dilakukan oleh berbagai komponen masyarakat dan pemerintah serta dunia, usaha untuk mengindahkan masyarakat dari resiko penyalahgunaan adiksi narkotika, prikotropika dan zat adiktif lainnya.


Pada kegiatan launching kampung bebas narkoba ini turut dihadiri oleh Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, Kepala BNNK Garut AKBP Deni Yusdanial, S.Ip, M.H, Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman, Kepala Kejaksaan Garut yang diwakili, Kabag Ops Polres Garut, Kasat Intelkam Polres Garut, Kasat Resnarkoba Polres Garut, Kasie Propam Polres Garut, Kapolsek Tarogong Kaler, Kabag Kesbangpol, Danramil Tarogong, Camat Tarogong Kaler, Kasi Lapas, Kepala Desa Jati dan seluruh tamu undangan yang berjumlah sekitar 50 orang.


Kapolres Garut mengatakan bahwa peredaran dan penyalahgunaan Narkoba saat ini sudah sangat meresahkan dan merupakan fenomena multimedia yang sudah menjadi masalah global serius berbahaya bagi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia.


Dampak negatif yang ditimbulkan tidak hanya terhadap kesehatan fisik, akan tetapi narkoba dapat menimbulkan dampak serius terhadap kesehatan mental, gangguan sosial ekonomi, risiko kesehatan, pemicu peningkatan kriminal yang pada akhirnya berdampak terhadap ketahanan bangsa.


“Pencanangan kampung tangguh anti narkoba merupakan langkah awal upaya preventif dan edukatif Polres Garut sebagai bentuk komitmen dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba. Kami berharap seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait di Desa Jati dapat turut berpartisipasi dalam mendukung kampung bebas narkoba ini.” Imbuh Yonky.


Kapolres Garut bersama Wakil Bupati Garut dan seluruh unsur tamu undangan yang hadir menandatangani komitmen deklarasi anti narkoba dan memberikan pembinaan serta penyuluhan kepada warga sekitar tentang tujuan dibentuknya kampung bebas narkoba.


“Saya sangat mengapresiasi kepada Kapolres Garut yang telah menetapkan Kampung tangguh bebas narkoba di Kabupaten Garut. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam memberantas peredaran bahayanya narkoba di Kabupaten Garut. Dan saya berharap Kampung Jati ini menjadi pelopor kampung bebas narkoba dan nantinya kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh wilayah di Kabupaten Garut demi menyelamatkan generasi muda yang bebas dari pengaruh narkoba.” Tutup Wakil Bupati Garut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama