Kegiatan Audiensi Warga Desa Di Amankan Polsek Leuwigoong Polres Garut


Garut - Polsek Leuwigoong Polres Garut lakukan pengamanan kegiatan Audiensi dari warga kepada perangkat Desa pada Selasa (2/5/23) pukul 9 pagi.


Kegiatan tersebut bertempat di Aula Desa Karangsari, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut.


Sesuai arahan Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro, Polsek Leuwigoong laksanakan pengamanan Audiensi Desa dari masyarakat agar tetap kondusif. Hal ini disampaikan melalui Kapolsek Leuwigoong Ipda Tatang Sukirman.


Solbi (Cs) yang merupakan warga Desa Karangsari, meminta audiensi melalui surat dengan beberapa tuntutan kepada BPD Karangsari pada 29 April.


Tuntutan tersebut berisi mempertanyakan adanya informasi yang simpangsiur perihal Laporan tentang tindak pidana terhadap Aparatur Desa Karangsari yang sedang di proses. 


Warga tersebut menyampaikan rasa peduli terhadap kondisi Pemerintahan Desa serta mengharapkan Desa Karangsari bersih dari KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme).


Awalnya, dalam surat yang diajukan hanya sebatas mempertanyakan pengaduan dan mendukung Desa Karangsari bebas dari KKN. 


Namun, saat pelaksanaan Audien di sampaikan permohonan audien yang melontarkan 9 Aspirasi kepada BPD.


Solbi sebagai pembicara dari perwakilan permohonan audien menyampaikan aspirasi dan langsung di tanggapi oleh Riko sebagai BPD Karangsari.


Selanjutnya, Kapolsek Leuwigoong menjelaskan terkait adanya Pelaporan/Pengaduan dari para pelapor yang masuk pada 10 April.


Kemudian, Polsek Leuwigoong melalui Kanit Reskrim untuk segera menyikapi atau mengundang para saksi untuk di mintai keterangan. 


Dari jumlah saksi 6 orang, yang hadir hanya 2 orang saksi dari terlapor yang dapat di mintai keterangan.


Surat penyataan dari kedua belah pihak antara Yaya (Kades Baru) dan Ade (Kades Lama) pada tanggal 1 Mei di tandatangani keduanya. Dalam intinya, keduanya sudah memiliki kesepakatan, sudah saling memaafkan dan tidak akan dibawa ke jalur hukum.


Saat itu BPD menyampaikan perilaku atau etika Perangkat Desa kurang berkenan pada saat pengambilan septi tank yang di permasalahkan. 


Hal ini, Kepala Desa Karangsari menjawab terkait aspirasi tersebut dan meminta waktu 1 minggu untuk di lakukan evaluasi terhadap perangkat desa.


Selanjutnya, Camat Leuwigoong juga menyampaikan terkait aturan mengeluarkan Perangkat Desa.


Dalam kegiatannya, dihadiri oleh Muspika Kecamatan Leuwigoong, Lembaga Desa Karangsari (BPD), Danpos Mil Leuwigoong. Selain itu juga dihadiri Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Karangsari, anggota Polsek dan Koramil Leuwigoong. Bersama warga yang meminta audiensi, seluruh yang hadir pada kegiatan berjumlah 15 orang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama